Selasa, 25 Agustus 2015

Biografi Band CASIOPEA

Siapa yang tak kenal CASIOPEA! Band asal Jepang beraliran Jazz Fusion ini terbentuk di tahun 1976 oleh sang gitaris Issei Noro, bassis Tetsuo Sakurai dan sang kibordis Hidehiko Koike. Di tahun 1977, Minoru Mukaiya bergabung menggantikan Hidehiko serta Takashi Sasaki turut bergabung dan mengambil posisi sebagai drummer. Pada tahun 1979, band ini menelurkan album pertamanya berjudul "Casiopea" dengan menggaet Randy Brecker dan Michael Brecker sebagai musisi tamu mereka. Di tahun 1980, posisi Takashi Sasaki digantikan oleh Akira Jimbo. Casiopea telah mengeluarkan album lebih dari 30 judul di Jepang dan Amerika Serikat. Beberapa lagu terkenal mereka antara lain, Asayake, Galactic Funk dan Eyes Of The Mind. Galactic Funk pertama kali muncul pada album Crosspoint pada tahun 1981yang telah direkam dalam 10 versi yang berbeda, baik di studio rekaman maupun secara langsung.

Casiopea sering dianggap menyerupai band asal Inggris Level 42. Casiopea juga telah bermain secara langsung bersama Level 42, The Square (lebih dikenal T-Square dan Sync DNA (Duet drum antara Akira Jimbo serta drumer T-Square Hiroyuki Noritake). Album Eyes Of The Mind dirilis pada tahun 1981 di Amerika Serikat. Lalu Casiopea merilis kembali album baru mereka bertajuk Mint Jams ditahun 1982, diikuti Four By Four ditahun yang sama yang juga merupakan album kolaborasi dengan Lee Ritenour, Harvey Mason, Nathan East, Don Grusin (Lee Ritenour, Harvey Mason, dan Nathan East selanjutnya mendirikan band Fourplay) . Konser luar negeri pertama mereka diadakan di Inggris pada tahun 1983. Casiopea telah mengadakan tur hampir ke seluruh belahan dunia, antara lain Eropa, Amerika Selatan, Australia, serta Asia Tenggara.

Di tahun 1989, Akira Jimbo dan Tetsuo Sakurai meninggalkan Casiopea dikarena perbedaan musikalitas. Mereka kemudian mendirikan band duo bernama Jimsaku, perpaduan nama antara Jimbo dan Sakurai. Untuk menggantikan posisi yang kosong, Casiopea menempatkan Yoshihiro Naruse di posisi bass, serta Masaaki Hiyama di posisi drum.

Di tahun 1993, sekali lagi Casiopea mengganti personilnya. Noriaki Kumagai menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Masaaki. Lalu pada tahun 1997, Akira Jimbo kembali bergabung dengan Casiopea sebagai personil paruh waktu, merekam lebih banyak album serta berkontribusi dalam berbagai komposisi.

Di tahun 2006, Issei Noro, sang pentolan grup band, memutuskan untuk berhenti dari segala kegiatan bermusik mereka hingga waktu yang tidak ditentukan.

Walaupun demikian, edisi terbatas berisi seluruh album Casiopea bertajuk Legend of Casiopea dirilis pada 27 May 2009 di Jepang. Edisi tersebut menampilkan 2 album yang tidak pernah dirilis dalam bentuk CD, yang pertama berjudul Cuts, dan yang kedua berjudul Air-Skip.

1 komentar: